PENERAPAN
DATA MINNING
Sebagai cabang ilmu di bidang komputer cukup
banyak penerapan yang dapat dilakukann oleh Data Mining. Apalagi ditunjang
ke-kaya-an dan ke-anekaragam-an berbagai bidang ilmu (artificial intelligence,
database, statistik, pemodelan matematika, pengolahan citra dsb) membuat
penerapan data mining menjadi makin luas.
Dimana saja data minning dapat diterapkan?
Untuk mendapatkan jawaban tersebut berikut ini dapat dibaca beberapa penerapan
data minning dalam kehidupan sehari-hari.
A.
Analisa
Pasar dan Manajemen
Beberapa solusi yang bisa diselesaikan
dengan data mining diantaranya :
- Menembak target pasar. Data mining dapat melakukan pengelompokan (clustering) dari model model pembeli dan melakukan klasifikasi terhadap setiap pembeli sesuai dengan karakteristik yang diinginkan seperti kesukaan yang sama, tingkat penghasilan yang sama, kebiasaan membeli dan karakteristik lainnya.
- Melihat pola beli pemakai dari waktu ke waktu. Data mining dapat digunakan untuk melihat pola beli seseorang dari waktu ke waktu.
- Cross-Market Analysis. Kita dapat memanfaatkan data mining untuk melihat hubungan antara penjualan satu produk dengan produk lainnya. Berikut ini saya sajikan.
- Profil Customer. Data mining dapat membantu Anda untuk melihat profil customer/pembeli/nasabah sehingga kita dapat mengetahui kelompok customer tertentu suka membeli produk apa saja.
a. Identifikasi
Kebutuhan Customer
Anda dapat mengidentifikasi
produk-produk apa saja yang terbaik untuk tiap kelompok customer dan menyusun
faktor-faktor apa saja yang kirakira dapat menarik customer baru untuk bergabung/membeli.
b. Menilai
Loyalitas Customer
VISA International Spanyol
menggunakan data mining untuk melihat kesuksesan program-program customer
loyalty mereka.
c. Informasi
Summary
Anda juga dapat memanfaatkan data
mining untuk membuat laporan
summary yang bersifat multi-dimensi
dan dilengkapi dengan informasi statistik lainnya.
B.
Analisa
Perusahaan
a. Perencanaan
Keuangan dan Evaluasi Aset
Data Mining dapat membantu Anda untuk
melakukan analisis dan prediksi cash flow serta melakukan contingent claim
analysis untuk mengevaluasi aset.
b. Perencanaan
Sumber Daya (Resource Planning)
Dengan melihat informasi ringkas (summary)
serta pola pembelanjaan dan pemasukan dari masing-masing resource, kita dapat memanfaatkannya
untuk melakukan resource planning.
c. Persaingan
(Competition)
·
Banyak perusahaan yang berupaya untuk
dapat melakukan competitive intelligence. Data Mining dapat membantu untuk
memonitor pesaing-pesaing dan melihat market direction mereka.
·
Dapat melakukan pengelompokan customer
Anda dan memberikan variasi harga/layanan/bonus untuk masing-masing grup.
·
Menyusun strategi penetapan harga di pasar
yang sangat kompetitif.
d. Telekomunikasi
Sebuah perusahaan telekomunikasi
menerapkan data mining untuk melihat dari jutaan transaksi yang masuk,
transaksi mana sajakah yang masih harus ditangani secara manual (dilayani oleh
orang).
e. Keuangan
Financial Crimes Enforcement Network
di Amerika Serikat menggunakan data mining untuk me-nambang trilyunan dari
berbagai subyek seperti property, rekening bank dan transaksi keuangan lainnya untuk
mendeteksi transaksi-transaksi keuangan yang mencurigakan (seperti money
laundry).
f.
Asuransi
Australian Health Insurance Commision
menggunakan data mining untuk mengidentifikasi layanan kesehatan yang
sebenarnya tidak perlu tetapi tetap dilakukan oleh peserta asuransi.
g. Olah
Raga
IBM Advanced Scout menggunakan data
mining untuk menganalisis statistik permainan NBA (jumlah shots blocked, assists
dan fouls) dalam rangka mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage).
h. Astronomi
Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena,
California dan Paloma Observatory berhasil menemukan 22 quasar dengan bantuan
data mining. Internet Web Surf-Aid IBM Surf-Aid menggunakan algoritma data
mining untuk mendata akses halaman Web khususnya yang berkaitan dengan
pemasaran guna melihat prilaku dan minat customer serta melihat ke-efektif-an
pemasaran.melalui Web.
i.
Internet Web Surf-Aid
IBM Surf-Aid menggunakan algoritma
data mining untuk mendata akses halaman Web khususnya yang berkaitan dengan
pemasaran guna melihat prilaku dan minat customer serta melihat ke-efektif-an
pemasaran melalui Web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar